Transformasi Digital dan Strategi Ketahanan Pasca Pandemi pada UMKM di Kota Banjarmasin

Digital Transformation and Post-Pandemic Resilience Strategy for MSMEs in Banjarmasin City

  • Dyah Sri Wulandari Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Muhammad Riko Anshori Prasetya Sistem Informasi, Universitas Sari Mulia
Keywords: Transformasi Digital, UMKM, Strategi Ketahanan, Pasca Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas transformasi digital terhadap omset penjualan antara UMKM yang telah menerapkan pemasaran digital dengan  UMKM yang masih menggunakan pemasaran tradisional, serta mengetahui strategi ketahanan pada masa pandemi dan pasca pandemi. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data sekunder dan primer serta dianalisis menggunakan analisis SWOT, lokasi penelitian di Kota Banjarmasin. Hasilnya Transformasi Digital efektif terhadap peningkatan omset penjualan dan dapat menjadi kekuatan UMKM untuk mengembangkan usahanya, untuk UMKM yang masih menerapkan pemasaran secara tradisional maka diharapkan terus berupaya mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam betransformasi ke pemasaran digital demi berkembangnya usaha yang dijalankan. Untuk strategi ketahanan strategi yang digunakan adalah strategi Kekuatan dan Peluang SO (Strength-Opportunity) untuk dapat bertahan baik dalam masa pandemi maupun pasca pandemi, strategi SO yang dirumuskan adalah mengoptimalkan penggunaan market place, sosial media, Flatfrom digital dan lain sebagainya dalam pemasaran produk, berinovasi agar produk yang ditawarkan mampu bersaing, dan dukungan Pemerintah Kota Banjarmasin agar  dapat membantu UMKM dalam kemudahan informasi mengenai izin usaha, perizinan ekspor-impor, P-IRT, sertifikasi produk halal, serta kemudahan mendapatkan bahan baku. Kebaruan pada penelitian ini adalah mengenai transformasi digital dengan menambah strategi kemampuan bertahan pada dua situasi yaitu saat pandemi dan pasca pandemi, dengan dibuatnya 2 situasi tersebut sehingga dapat menambah referensi para UMKM dalam menentuakan strategi yang tepat sesuai situasi dan objek penelitian dikhususkan untuk UMKM yang bergerak pada usaha kuliner atau makanan.

References

Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Beqiri, G., & Bello, K. (2021). The effect of social media marketing compared to traditional marketing on sales: A study of enterprises in Kosovo. WSEAS Transactions on Business and Economics, 18, 402–410. https://doi.org/10.37394/23207.2021.18.41
Center, K. I. (2020). Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19.
Fatimah, F., Wenny, D., & Tyas, M. (n.d.). Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19 (Vol. 5, Issue 2).
Gouveia, F. D., & Mamede, H. S. (2022). Digital Transformation for SMES in the Retail Industry. Procedia Computer Science, 204, 671–681. https://doi.org/10.1016/J.PROCS.2022.08.081
Guo, H., Yang, Z., Huang, R., & Guo, A. (2020). The digitalization and public crisis responses of small and medium enterprises: Implications from a COVID-19 survey. Frontiers of Business Research in China, 14(1). https://doi.org/10.1186/S11782-020-00087-1
Hadian Wijoyo, A. A. F. W. dkk. (2021). Startegi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (Wijoyo, Hadion, Vol. 1). Insan Cendekia Mandiri.
Hari Widodo. (2022, August 9). Dorong Perkembangan UMKM di Kota Banjarmasin. Banjarmasin.Tribunnews.Com.
Khurana, I., Dutta, D. K., & Singh Ghura, A. (2022a). SMEs and digital transformation during a crisis: The emergence of resilience as a second-order dynamic capability in an entrepreneurial ecosystem. Journal of Business Research, 150, 623–641. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2022.06.048
Khurana, I., Dutta, D. K., & Singh Ghura, A. (2022b). SMEs and digital transformation during a crisis: The emergence of resilience as a second-order dynamic capability in an entrepreneurial ecosystem. Journal of Business Research, 150, 623–641. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2022.06.048
Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015). Digital Transformation Strategies. Business and Information Systems Engineering, 57(5), 339–343. https://doi.org/10.1007/S12599-015-0401-5
Nurhasanah Fawzy Shihabudin Gabrila Shelly Ovira Suwarno Muhamad Nur Wibisana Tasya Dewi Purnama Politeknik STIA LAN Bandung, A. (n.d.). Strategi Pemulihan UMKM Menggunakan Analisis SWOT di Masa Pandemi Covid-19.
Ragoobur, V. T., Seetanah, B., Jaffur, Z. K., & Mooneeram-Chadee, V. (2023). Building Recovery and resilience of Mauritian MSMEs in the Midst of the COVID-19 Pandemic. Scientific African, e01651. https://doi.org/10.1016/J.SCIAF.2023.E01651
Rosário, A. T., & Dias, J. C. (2023). Marketing Strategies on Social Media Platforms. International Journal of E-Business Research, 19(1), 1–25. https://doi.org/10.4018/IJEBR.316969
Saifuddin, M. (2021). DIGITAL MARKETING : STRATEGI YANG HARUS DILAKUKAN UMKM SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028
Skare, M., de las Mercedes de Obesso, M., & Ribeiro-Navarrete, S. (2023). Digital transformation and European small and medium enterprises (SMEs): A comparative study using digital economy and society index data. International Journal of Information Management, 68, 102594. https://doi.org/10.1016/J.IJINFOMGT.2022.102594
Stich, V., Zeller, V., Hicking, J., & Kraut, A. (2020). Measures for a successful digital transformation of SMEs. Procedia CIRP, 93, 286–291. https://doi.org/10.1016/j.procir.2020.03.023
Sugi, C. (2019). Analisis SWOT : Pengertian, Metode Analisis, dan Contohnya.
Sugiyono. (2022). Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Alfabeta.
Zuchri Abdussamad. (2021). Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif.
Published
2023-10-08
Abstract viewed = 257 times
PDF downloaded = 159 times