Efektivitas Peran Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Pada Program Corporate Social Responsibility (CSR) Adaro Group dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Di Kabupaten Tabalong

The Effectiveness Of The Adaro Bangun Negeri Foundation's Role In The Adaro Group's Corporate Social Responsibility (CSR) Program In Improving Corporate Image In Tabalong District

  • Warni Warni Warni Universitas Sari Mulia
Keywords: Citra perusahaan, corporate social responsibility, efektivitas program

Abstract

Program Tanggung jawab suatu perusahaan dapat dilihat dari komitmen perusahaan yang berperan serta membangun ekonomi yang berkelanjutan melalui program CSR. Adaro Foundation merupakan salah satu pilar untuk mengkoordinasikan program-program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Grup Adaro melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri. Grup Adaro terus berkontribusi dengan melaksanakan tanggung jawab sosialnya yang disebut “Adaro Nyalakan Perubahan” terhadap masyarakat. Salah satu kegiatan CSR Adaro Group melalui YABN yaitu Program Adaro Santri Sejahtera (PASS). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas peran YABN pada program CSR Adaro Group dalam meningkatkan citra perusahaan Di Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan inkuiri naratif dan bersifat deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa Program CSR yang dilakukan oleh YABN telah dilaksanakan dengan baik dan efektif. Program CSR yang dilakukan YABN saat ini meningkat menjadi pengawasan seluruh kegiatan CSR Adaro Group. Peran YABN pada program PASS sangat memahami akan kebutuhan pokok di 3 Ponpes binaan  dengan fokus bantuan pada 3 bidang usaha. Bantuan yang disalurkan yaitu berbentuk dana maupun barang dan disalurkan tanpa mengharapkan timbal balik dari dana yang diberikan. Kesimpulan yaitu Program CSR Adaro Group pada Program PASS yang dijalankan oleh YABN, mampu memberikan manfaat besar kepada penerima CSR yang berfokus pada pemberdayaan Ponpes dan masyarakat sekitar, khususnya untuk efektivitas kegiatan yang diberikan YABN dapat meningkatkan citra perusahaan baik dari aspek ekonomi maupun aspek lainnya.

References

Hudaeri, N. (2021). Catharina Leimena Tokoh Pendidik Vocal Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Kotler, P. Dan K. L. K. (2018). Manajemen Pemasaran. Jilid 2, E(Jakarta : Erlangga).
Prasiska, P. N. (2017). Csr Dan Citra Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi. Vol. 24 No, 43-49.
Purba, R. P. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pt. Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul). Jom Fisip, 4(1), 1–2.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja (Iii). C.V. Mandar Maju.
Sugiyono. (2018). Analisis Data Kuantitatif. In Alfabeta.
Totok Mardikanto. (2018). Csr Corporate Social Responsibility. Tanggungjawab Sosial Korporasi. In Alfabeta (Cetak Satu, P. 232).
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 178 times
PDF downloaded = 113 times