Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa di Universitas Sari Mulia

The Influence of the Shopee Marketplace "Gratis Ongkir" Tagline on Purchasing Decisions of Students at Sari Mulia University

  • Maulida Putri Andini Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • A Firsa Ariza Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Dyah Sri Wulandari Manajemen, Universitas Sari Mulia
Keywords: Keputusan pembelian, gratis ongkir

Abstract

Pada era digital saat ini, perkembangan teknologi internet berperan sangat penting dalam melakukan komunikasi maupun mencari informasi, searah dengan fenomena tersebut mengakibatkan munculnya berbagai e-commerce salah satunya Shopee, merupakan e-commerce dengan kunjungan situs terbanyak di Indonesia. Shopee telah memperluas lini bisnisnya dengan memulai iklan Tagline “Gratis Ongkir”. Peran tagline dalam sebuah iklan merupakan sesuatu yang ditanamkan ke dalam pikiran konsumen. Alasan utama pelanggan meninggalkan keranjang belanja mereka adalah tingginya biaya pengiriman. Oleh karena itu, Tagline“Gratis Ongkir” kirim shopee mempengaruhi keputusan pembelian karena shopee menawarkan dukungan pengiriman kepada setiap pengguna sehingga mereka dapat berbelanja tanpa membayar ongkos kirim produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa di Universitas Sari Mulia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan rumus slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 104 responden. Hasil analisis regresi sederhana dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil uji regresi secara parsial (uji t) diperoleh nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4.396 > 1.659, Artinya variabel Tagline “Gratis Ongkirmarketplace Shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian pada mahasiswa Universitas Sari Mulia. Jadi dapat disimpulkan bahwa Tagline “Gratis Ongkir” dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Sari Mulia.

References

Ahdiat, A. (2023, January 31). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal IV 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022
Arif, M. (2023, March 10). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Azlin, N., Syahrudin, H., & Kuswanti, H. (2022). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53285
Deni, M., Afini, V., Pratisila, M., & Permana, K. W. A. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Jurnal EKOBIS : Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 6, 57–73.
Haniscara, N. A., & Saino. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Generasi Muda Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5.1, 533–543. https://online-journal.unja.ac.id/JSSH/article/view/14173
Haryadi, N., Sunarsi, D., & Erlangga, H. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Timur Jaya Prestasi Cileungsi. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(3), 702–709.
Komala, R. D., & Nellyaningsih. (2017). Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Center Bandung Pada Tahun 2017. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3761
Osak, D. J., & Pasharibu Y. (2020). Pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap keputusan pembelian online dengan mediasi brand awareness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9.4, 375–380. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/download/58857/34467
Retnowati, E., Lestari, U. P., Darmawan, D., & Putra, A. R. (2021). Retensi Karyawan Yang Ditinjau Dari Kepercayaan Dan Motivasi Kerja. Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Kewirausahaan, 1(1), 65–76. https://mada.indonesianjournals.com/index.php/mada/article/view/11/11
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen (N. WK (ed.); 1st ed., Vol. 1). 2013.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Vol. 19). Alfabeta Bandung. https://online.anyflip.com/utlqr/qtha/mobile/index.html
Wulandari, D. S., Huda, N., & Albushairi, S. A. (2017). Pengaruh Faktor Lingkungan, Psikologis dan IindividuTerhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emasdi Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(2), 162–178. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jwm.v5i2.107
Published
2023-10-03
Abstract viewed = 500 times
PDF downloaded = 321 times