Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Statistik Deskriptif Pada Pokok Bahasan Distribusi Frekuensi Mahasiswa Semester 2 di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Application of the Problem-Based Learning Model in Descriptive Statistics Learning on the Subject of Student Frequency Distribution Semester 2 at the University of 17 August 1945 Banyuwangi

  • Winda Hurotul Aini Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • M. Iswahyudi Manajemen, Universitas 17 Agutus 1945 Banyuwangi
  • Rifka Arinda N. Manajemen, Universitas 17 Agutus 1945 Banyuwangi
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Statistik Deskriptif

Abstract

Pembelajaran merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh dosen dan siswa untuk mencapai tujuan yang baik. Perlunya diterapkan model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran tersebut mampu meningkat nilai dari mahasiswa. Kemudian mahasiswa juga mampu memecahkan masalah dan mengintegrasikan antara keterampilan dan pengetahuan yang diperolehnya. Tujuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ini mahaiswa mampu menyelesaikan tugas-tugas secara jelas dan detail serta mampu mengeksplor informasi yang didapat dilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan rancangan penelitian “non equivalent pretest-postest control group design”.  Dengan menggunakan teknik yang digunakan adalah dekriptif kuantitatif, yang mana membandingkan nilai kelas yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa rata-rata nilai mahasiswa kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan nilai mahasiswa kelas eksperimen. Sehingga dapat terlihat bahwa nilai signifikan HO ditolak dan Ha diterima.

References

Az zahra, Shaila. 2015. Analisis deskriptif dalam penerapan model PBL. (Problem base learning) oleh guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Sliyeg kabupaten Indramayu. Skripsi. Jakarta
Hendro Darmodjo dan Jenny R. E. Kaligis. (1993). Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Maslichah Asy’ari. (2002). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purnomo, E., & Suhendra, E. S. (2020). Analisis masa kerja dan promosi terhadap kinerja karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(1), 32–43
Rusman., 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-7
Siagian, M. V., Saragih, S. & Sinaga , B. 2019. Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International electronic journal of mathematics education.14 (02). 331- 340.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. hlm. 147
Surur, M., & Tartilla. 2019. Pengaruh problem based learning dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1 (2). 169-176.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Invotif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group
Az zahra, Shaila. 2015. Analisis deskriptif dalam penerapan model PBL. (Problem base learning) oleh guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Sliyeg kabupaten Indramayu. Skripsi. Jakarta
Hendro Darmodjo dan Jenny R. E. Kaligis. (1993). Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Maslichah Asy’ari. (2002). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purnomo, E., & Suhendra, E. S. (2020). Analisis masa kerja dan promosi terhadap kinerja karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(1), 32–43
Rusman., 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-7
Siagian, M. V., Saragih, S. & Sinaga , B. 2019. Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International electronic journal of mathematics education.14 (02). 331- 340.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. hlm. 147
Surur, M., & Tartilla. 2019. Pengaruh problem based learning dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1 (2). 169-176.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Invotif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 340 times
PDF downloaded = 234 times