PBL Pengaruh Aktivitas Belajar Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII IPS di SMP Negeri 12 Malang

The Influence of Learning Activities in the Problem Based Learning (PBL) Learning Model, and Motivation on the Learning Outcomes of Class VIII IPS Students at SMP Negeri 12 Malang

  • Naim Naim Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Melisa Wahyu Fandyansari Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Aktivitas belajar, Motivasi, Hasil belajar

Abstract

Aktivitas belajar merupakan kegiatan-kegiatan siswa yang menunjang keberhasilan dalam belajar. Aktivitas belajar berhubungan dengan masalah belajar seperti menulis, mencatat, memandang, membaca, mengingat, berpikir, latihan, praktek dan sebagainya, kemudian motivasi   belajar   adalah   dorongan   dan   kekuatan   dalam   diri seseorang untuk  melakukan  tujuan  tertentu  yang  ingin  dicapainya, dengan  kata  lain  motivasi belajar dapat  diartikan  sebagai  suatu  dorongan  yang  ada  pada  diri  seseorang  sehingga  seseorang  mau melakukan    aktivitas    atau    kegiatan   belajar   guna   mendapatkan   beberapa   keterampilan   dan pengalaman. Hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal jumlah materi pelajaran tertentu. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dalam model pembelajaran problem based learning (PBL) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dalam model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi penelitian ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, pengujian t dan pengujian F. Instrument pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner yang diberikan kepada responden untuk diisi. Hasil uji analisis data menyatakan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan dalam hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar dalam model pembelajaran problem based learning (PBL) dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Malang.

 

References

Agustina, Lisa dan Ghullam Hamdu. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.12, No.1.
Ayu desy n. Endah lulup t p. Dan suharsono naswan. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar spiritual hasil belajar akuntansi. Jurnal ekonomi, 4(1), 4.
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Agus, Salim, ‘Pengaruh Kecerdasan Linguistik Terhadap Keterampilan Bergaul Pada Teman Sebaya Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015’, Pengaruh Kecerdasan Linguistik Terhadap Keterampilan Bergaul Pada Teman Sebaya Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, 01.08 (2016), 1–13.
B. Uno, Hamzah. 2016. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dwijayani, n. M. (2019). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of physics: conference series, 1321(2), 171–187. Https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.
Dewi, l. V., ahied, m., rosidi, i., & munawaroh, f. (2019). Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode scaffolding. Jurnal pendidikan matematika dan ipa, 10(2), 137. Https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630.
Desriyanti,R., dan Lazulva ., (2016), Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Tadris Kimia1(2): 70-78.
Faqiroh, b. Z. (2020). Indonesian journal of curriculum problem-based learning model for junior high school in indonesia (2010-2019). Indonesian journal of curriculum and educational technology studies, 8(5), 42–48.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287.
Lestari, n. (2010). Pengaruh aktivitas belajar dan media pemlajaran terhadap hasil belajar ips terhadap siswa kelas viii. 4.
Nurfajrianti, n. (2018). Pengaruh aktivitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jkpd (jurnal kajian pendidikan dasar), 1(1), 46. Https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.95.
Ningsih, Sella ayu, Nurdin A. Rahman, Nurlaela Muhammad. (2019). Pengaruh
model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar
peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada Konsep Gerak.
Jurnal pendidikan IPA. 4(2) hlm 37-42.
Wahidin, u. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Edukasi islami : jurnal pendidikan islam, 7(02), 229. Https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284.
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 96 times
PDF downloaded = 59 times