Pengaruh Brand Image dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pelanggan SR12 Skincare di Banjarmasin)

The Influence of Brand Image and Customer Bonding on Customer Loyalty (Empirical Study of SR12 Skincare Customers in Banjarmasin)

  • Siti Julianti Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Yuliarti Rezeki Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Nurhayati Nurhayati Manajemen, Universitas Sari Mulia
Keywords: Brand Image, Customer Bonding, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Perawatan kulit jadi kebutuhan utama bagi wanita, penggunaan jenis skincare yang sesuai dapat membuat kulit sehat, cerah dan wajah semakin bersinar, untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan kulit skincare merupakan salah satu produk kecantikan sedang berkembang di Indonesia hal tersebut agar produsen produk skincare memenuhi kebutuhan konsumen.  Kebutuhan jaminan kehalalan suatu produk sangatlah penting. Skincare dipasaran masih banyak belum mencantumkan label halal yang menimbulkan dosis tinggi membuat kulit menjadi rusak seperti mengandung merkuri. Hal ini tentunya menjadi perhatian konsumen terutama wanita yang ingin membeli produk kecantikan tersebut. Untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan SR12 skincare di Banjarmasin baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 150 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Hasil uji secara parsial yaitu Brand Image berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 0,107 > 0,05, sedangkan customer bonding berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,00 < 0,05. Hasil uji secara simultan terdapat pengaruh signifikan secara simultan Brand Image dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,005 < 0,05 pembelian SR12 Skincare di Banjarmasin. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial menunjukan bahwa Brand Image tidak terdapat pengaruh signifikan, sedangkan customer bonding memiliki pengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan SR12 skincare di Banjarmasin. Adapun uji hipotensis secara simultan menunjukan bahwa Brand Image, dan customer bonding berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan SR12 skincare di Banjarmasin.

References

Dimas Bayu. (2021, February 16). Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beragama Islam.Https://Dataindonesia.Id/Ragam/Detail/Sebanyak-869-PendudukIndonesia-Beragama-Islam.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish.

Herokholiqi, M. E., & Sidhi, A. (2018). Analisa Kualitas Pelayanan Bioskop Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Spektrum Industri, 16(1), 9.

Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran (3rd ed., Vol. 1). Erlangga.

Umar Husein. (2017). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia
Pustaka Utama.oi.org/10.22146/jmpf.33829
Published
2024-01-09
Abstract viewed = 115 times
PDF downloaded = 87 times