Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Humaniora Universitas Sari Mulia

The Influence of Promotion and Price on Purchasing Decisions of Wardah Cosmetics Products among Female Students of the Faculty of Humanities, Sari Mulia University

  • Normilawati Normilawati Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Linda Kusumawati Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Yuliarti Rezeki Manajemen, Universitas Sari Mulia
Keywords: Harga, Keputusan Pembelian, Promosi

Abstract

Penampilan adalah hal yang penting, terutama perempuan. Penggunaan kosmetik tidak hanya ketika akan pergi ke acara formal, banyak perempuan terutama kalangan mahasiswi menggunakan kosmetik terlebih sekedar memakai liptint untuk pergi ke kampus. Konsumen biasanya memilih produk yang memiliki kualitas baik, harga terjangkau dan sudah diperiksa oleh Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap  mahasiswi Fakultas Humaniora Universitas Sari Mulia, ditemukan sebagian besar menyatakan menggunakan produk kosmetik Wardah. Berdasarkan latar belakang masalah dan teori yang dikemukan peneliti tertarik untuk meneliti terkait “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Humaniora Universitas Sari Mulia”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel promosi dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kousioner yang dibagikan ke Mahasisiwi Fakultas Humaniora Universitas Sari Mulia. Dari hasil pengujian statistik secara parsial dinyatakan bahwa Promosi tidak berpengaruh signifikan secara parsial, sedangkan Harga berpengaruh signifikan. Promosi dan Harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Jadi dapat disimpulkan Promosi tidak berpengaruh secara parsial, sedangkan harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Promosi dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

References

Azizah, F., Samhudi, A., & Wicaksono, T. (2021). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Y.O.U di Toko Nurul Martapura. 05(3), 1–14.
BAAK. Universita Sari Mulia. (2023)
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi bahasa Indonesia. Alih bahasa: Hendra Teguh, dkk. jilid 2. Jakarta: PT. Penhallindo.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller.(2009). Managemen Pemasaran. Penerjemah Bob Sarban. Edisi Ketigabelas. Jilid Pertama. Jakarta: Erlangga
Kunjungan Web inspiringmovement.wardahbeauty.com Diakses Pada Tanggal 11 Agustus 2023. Pukul 14.00
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325
Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52. https://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/52
Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 35. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25129.35-43
Published
2024-02-20
Abstract viewed = 71 times
PDF downloaded = 50 times