Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Tour and Travel di Kabupaten Tanah Bumbu

The Influence of Transformational Leadership, Communication, and Work Discipline on Employee Performance at Tour and Travel Companies in Tanah Bumbu Regency

  • Desi Tri Setiowati Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Yuliarti Rezeki Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • A. Firsa Ariza Manajemen, Universitas Sari Mulia
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, komunikasi, disiplin kerja, kinerja karyawan, Tour and Travel

Abstract

Dalam perdagangan, diperlukan dukungan transportasi yang memadai dan mencukupi untuk menjaga kelancaran arus perdagangan dalam sebuah negara. Pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa, seperti perusahaan tour and travel juga memiliki SDM yang dijaga. Jasa travel merupakan kegiatan usaha yang bersifat komersial, untuk mengatur dan menyediakan pelayanan bagi seseorang dalam melakukan perjalanan jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh simultan kepemimpinan transformasional, komunikasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan tour and travel di kabupaten tanah bumbu. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel penelitian mengguanakan sampel jenuh, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 41 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, sementara komunikasi dan disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Aridansyah, Dimas Okta. 2016. “Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 3(1): 16–30.https://www.jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/70 (Diakses : 7 September, 2023).
Hasibuan, J.S & Silvya, B. 2019. “Pengaruh Displin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Mewah Indah Jaya Binjai.” Seminar Nasional Multidisplin Vol. 2 No. 1: 134–47. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/5613/BEBY%20SILVYA.pdf?sequence=1&isAllowed=y( Diakses : 9 September, 2023).
Satedjo, Ananta Dwikristianto, and Sesilya Kempa. 2017. “Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Modern Widya Tehnical Cabang Jayapura.” Agora 5(3): 1–9. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/6066 ( Diakses : 7 September, 2023).
Simbolon, Sahat. 2021. “ANALYSIS OF THE EFFECT OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND COMMUNICATION ON EMPLOYEE PERFORMANCE (CASE STUDY AT THE NATIONAL HIGHER FOUNDATION Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MEDAN).” International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS) 1(1): 88–94.https://radjapublika.com/index.php/IJERLAS/article/view/34/37(Diakses : 7 September, 2023).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D . Bandung: Alphabet.
Winoto Tj, Hery. 2019. Buku Ajar Komunikasi Bisnis Dan Negosiasi CETAK. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Ramadhani, Ghassani Mutiara, and Widiartanto Saryadi. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Nasmoco Pemuda Semarang Section Bengkel.” Jurnal Administrasi Bisnis 4(3): 79–90. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1437154. Diakses : 7 September, 2023.
Rivai, & Basri. 2018. Motivasi Dan Penilaian Kinerja Pegawai . Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Robbins, Stephen P. & A. Judge, Timothy. 2016. Organizational Behavior.
kasmir. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia . Depok: Raja Pers.
Published
2024-04-17
Abstract viewed = 33 times
PDF downloaded = 28 times