Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Mahasiswa

The Influence of Shopee Brand Awareness and Brand Image on Product Purchasing Decisions among Students

  • Qunita Ulfah Universitas Sari Mulia
  • A Firsa Ariza Manajemen, Universitas Sari Mulia
  • Yuliarti Rezeki Manajemen, Universitas Sari Mulia
Keywords: Brand awareness, Brand image, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Brand awareness dan Brand image Shopee secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk pada Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori (explanatory research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 86 mahasiswa. Penelitian membuktikan berdasarkan uji secara parsial (uji-t) bahwa variabel Brand awareness (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan Pembelian (Y) dengan nilai t hitung 2.671 > t tabel 1,988 dan variabel Brand image (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung 7.776 > t tabel 1,988. Adapun hasil uji secara simultan (uji F) variable Brand awareness (X1) dan Brand image (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung 110,682 > F tabel 3,11.

References

Amelfdi, Fransisca Jovita & Elia, Ardyan. (2021). Pengaruh brand awareness, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. 5.
Cahyani, K. I., & Saustrasmwati, R. E. (2016). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Rajawali
Nasrul. (2020). Pengaruh Dimensi Pengetahuan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Situs Online Shopee (The Effect of Brand Knowledge Dimensions on Purchase Decisions on Customers on The Shopee.co.id Online Site in Kendari City). JUMBO ( Jurnal Manajemen , Bisnis dan Organisasi ). 4(1), 19–28
Rohim, A., & Asnawi, N. (2023). The Influence Of Brand Ambassador And Brand Awareness On Purchase Decisions Moderated By Brand Image ( Case Study On Shopee Users In Lowokwaru District , Malang Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Oleh Brand Image ( Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ). 4(November 2022), 867–878.
Sari, R. J. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS LAZADA TERHADAP. 10(10), 897–910.
Suartina, I. W. (2022). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee. 2(2), 551–561.
Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. 1(1)
Sugiyono. (2018). Analisis Data Kuantitatif. In Alfabeta.
Tsabitah, N., & Anggraeni, R. (2021). The Effect of Brand Image , Brand Personality and Brand Awareness on Purchase Intention of Local Fashion Brand “ This Is April ” Management Department , Faculty of Economics and Business , Universitas Brawijaya. 25(2)
Zahra, Nathasya Felia dan Dian Ari Nugroho. (2021). Pengaruh Brand Image, Online Review dan Perceived Trust terhadap Purchase Intention Produk Fashion di Shopee pada Kalangan Konsumen Milenial di Jakarta. Journal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol 9 No 2.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 179 times
PDF downloaded = 114 times