PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI DI SMA KOTA MALANG

  • Putri Vina Sefaverdiana
Keywords: Status Sosial Ekonomi, Kinerja Guru

Abstract

Peran dan tanggung jawab seorang guru sangat penting dalam mencapai tujuan  pendidikan nasional. Guru adalah salah satu penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan. Kinerja professional guru sangat berpengaruh terhadap kelangsungan seluruh proses pembelajaran di dalam kelas pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas lulusan.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi terhadap kinerja guru ekonomi di SMA Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berfokus pada perbandingan antar variable yaitu variable X dan variable Y. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Subjek penelitian ini adalah guru Ekonomi di SMA Kota Malang yang berjumlah 82 guru di 10 SMA Negeri dan 34 SMA Swasta. Teknik pengumpulan data dengan angket.  Teknik pengolahan data menggunakan spss Uji t yaitu untuk mencari korelasi antara variabel X dan Y. Pada penghitungan hipotesis didapatkan nilai Sig  0,031. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig lebih kecil dari 0,05 (0,031 kurang dari 0,05).  Hal ini berarti hipotesis yang diajukan peneliti diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penelitian yang berjudul “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Kinerja Guru Ekonomi di SMA Kota Malang” dapat teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi sangat berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru. Dalam artian bahwa penelitian ini mampu menjawab kebenaran hipotesis yang diajukan.

Published
2019-03-02
Abstract viewed = 2040 times
PDF downloaded = 1281 times