Analisis Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Desa Madiredo Kecamatan Pujon

Analysis of the Influence of Using the Shopee Paylater Feature on the Consumptive Behavior of the Community of Madiredo Village, Pujon District

  • Mauludatul Mawasofa Universitas Insan Budi Utomo
  • Deni Nugroho Setyabudi Universitas Insan Budi Utomo
  • Heru Sofian Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Konsumtif, Shopee Paylater, Masyarakat Madiredo

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu  pertama, mengetahui penggunaan fitur Shopee Paylater di kalangan masyarakat desa Madiredo Kecamatan Pujon. Kedua, mengetahui perilaku konsumtif masyarakat desa Madiredo kecamatan Pujon. Ketiga, mengetahui pengaruh penggunaan fitur Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif masyarakat desa Madiredo kecamatan Pujon. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menjelaskan pengaruh penggunaan fitur Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif masyarakat desa Madiredo kecamatan Pujon. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel penggunaan Shopee Paylater berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif masyarakat Desa Madiredo Kecamatan Pujon. Sesuai dengan uji Determinasi menunjukkan bahwa R square sebesar 0,799 yang berarti bahwa fitur Shopee Paylater berpengaruh dengan besaran 79,9% terhadap perilaku konsumtif masyarakat Desa Madiredo Kecamatan Pujon dan 20,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Aftika, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Paylater "Bayar Nanti" Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dalam perspektif Bisnis Syariah. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Anggreini, R., & Muriyanti, S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jakarta : Universitas Esa Unggul
Damayanti, F. D., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Generasi Milenial Di Surabaya. Surabaya : Universitas Surabaya
Dew F . I., & Suyasa, P. Y. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif berdasarkan Metode Pembayaran. Jakarta : Universitas Tarumanegara
F.Hayes, A. (2019). Riset Akuntansi Keperilakuan. Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.
Febriani, N. S., & Dewi, W. (2019). perilaku konsumen di era digital. Malang: Ub Press.
Fitur Shopee Barokah dan Tokopedia Salam: Inovasi Marketplace Halal Sebagai. (2022).
Fradesa, F., Abadi, S. P., Maani, B., Hardi, E. A., & Sucipto. (2022). Fitur Shopee Barokah dan Tokopedia Salam: Inovasi Marketplace Halal Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Digital Berbasis Syariah. Jambi : Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Bojonegoro.
Hijrianti, U. R., & Fitriani, A. M. (2020). Peran Konformitas Sebagai Mediator Hubungan Diri dan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2017). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. In r. K. Ratri. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Keuangan, D. K. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan 77/POJK.01/2016.
Margono, D. S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Munazzah, Z. (2016). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa S1 Perbankkan Syariah Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Patricia, N. L., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Konsumtif pada Pramugari Maskapai Penerbangan X. Jakarta: Universitas Esa Unggul
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Sukorarjo: ITB AAS Indonesia
Pusat, U. S. (2023, Juni 10). Retrieved from https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Madiredo,_Pujon,_Malang. Malang
Rochmat Aldy Purnomo, M. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: CV Wade Group.
Sari, I. K., & Fisabilillah, I. W. (2021). Fenomena Perilaku Berbelanja Menggunakan Shopee Paylater Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Ilmu Ekonomi. 207-218. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Militer Terhadap Perilaku Impluse Buying Pengguna E Commerce di Indonesia. Bandung: Politeknik Negeri Bandung
Shopee. (2020). https://help.shopee.co.id/portal/article/72939-[SPayLater]-Bagaimana-cara-mengaktifkan-SPayLater%3F.
Shopee. (2020, april 11). https://help.shopee.co.id/portal/article/73455-[SPayLater---Pembayaran]-Bagaimana-prosedur-pembayaran-menggunakan-SPayLater%3F.
Shopee. (2022, april 11). Retrieved from https://help.shopee.co.id/portal/article/72112-[SPayLater---Biaya]-Apa-yang-terjadi-jika-saya-terlambat-melakukan-pembayaran-tagihan-SPayLater%3F, d
Shopee. (2022, april 24). Retrieved from https://help.shopee.co.id/portal/article/72112-[SPayLater---Biaya]-Apa-yang-terjadi-jika-saya-terlambat-melakukan-pembayaran-tagihan-SPayLater%3F
Shopee. (2023, april 11). Retrieved from https://help.shopee.co.id/portal/article/73455-[SPayLater---Pembayaran]-Bagaimana-prosedur-pembayaran-menggunakan-SPayLater%3F
Sitoyo, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sukendra, K., & Atmaja, K. S. (2020). Instrumen Penelitian. Pontianak: Mahameru Press.
Suwandi, E., Imansyah, H., & H Dasril. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert T pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. 3. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Tifanny. (2022). Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Paylater dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 208 times
PDF downloaded = 106 times