Pengaruh Micro teaching dan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Lumajang

The Influence of Micro teaching and PPL (Practical Field Experience) on Interest in Becoming a Teacher among Students of the 2019 Economic Education Study Program STKIP PGRI Lumajang

  • Gati Ayu Likasari STKIP PGRI lumajang
  • Kamelia Khasanah STKIP PGRI Lumajang
Keywords: Micro teaching, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru

Abstract

Micro teaching dan PPL adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Dalam menempuh mata kuliah Micro teaching dan PPL mahasiswa masih mengalami beberapa permasalahan. Dalam hal ini Micro teaching dan PPL termasuk dalam faktor yang mempengaruhi minat menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel Micro teaching dan PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2019. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Validitas data diperoleh melalui hasil uji coba dari 30 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai signifikansi Micro teaching adalah 0,453 > 0,05, dari hasil tersebut diketahui variabel Micro teaching tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2019. Sedangkan nilai signifikansi hipotesis kedua adalah 0,000 < 0,05. Sehingga diketahui bahwa PPL berpengaruh siginifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2019 dan hasil uji F nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa untuk variabel Micro teaching dan PPL secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2019.

References

Abdillah, M.A, Rachmawati. 2022. Pengaruh Microteaching, Persepsi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Inteverning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (3): 3369 – 3381.
Alifia, Atika dan Han Tantri Hardini. 2022. Pengaruh Pembelajaran Micro Teaching, PLP dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru SMK Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1): 1182-1192.
Arifin & Barnawi. 2015. Micro Teaching. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Febrianty, Elsa, dkk. 2018. Pengaruh PPL Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Tanjungpura Pontianak. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN Pontianak, Vol 7 No 11.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sari, Novita , dkk. 2017. Pengaruh Micro Teaching dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa. Vol 3 No 2.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-01-09
Abstract viewed = 133 times
PDF downloaded = 83 times