Persaingan Brand Sepatu Lokal: Brand Resonance Melalui Brand Salience Pada Generasi Z Kota Denpasar

Local Shoe Brand Competition: Brand Resonance Through Brand Salience in Generation Z, Denpasar City

  • Desak Made Febri Purnama Sari Universitas Pendidikan Nasional
  • Nyoman Aditya Brahma Putra Universitas Pendidikan Nasional
  • Nyoman Sri Manik Parasari Universitas Pendidikan Nasional
  • Gede Crisna Wijaya Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Brand salience, persepsi kualitas, brand resonance, Generasi Z, produk sepatu lokal

Abstract

Dunia fashion menjadi salah satu cara seseorang untuk menarik perhatian orang lain di berbagai kalangan usia. Namun, sebagian besar pengguna fashion di Indonesia lebih senang menggunakan brand internasional ketimbang brand lokal. Hal ini dikarenakan pengguna fashion di Indonesia yang lebih senang menjadi “followers” dalam dunia fashion. Salah satuya generasi Z pada masyarakat Denpasar dalam bidang fashion sepatu, meskipun sepatu lokal sudah menggunakan teknik pembuatan yang sama dengan sepatu internasional. Hal ini dikarenakan kurangnya branding sepatu lokal seperti compass, ventela, aerostreet dan juga PVN untuk dikenali dan diingat (brand salience). Sehingga tidak mudah terjadinya hubungan psikologis (brand resonance) antara generasi Z di kota Denpasar dengan keempat produk sepatu lokal tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan berpengaruh atau tidaknya persepsi kualitas dalam memediasi hubungan brand salience terhadap brand resonance. Populasi pada penelitian ini merupakan generasi Z di Denpasar. Metode purposive sampling digunakan dalam menentukan 135 responden. Mengacu pada metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) brand salience memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas, (2) persepsi kualitas memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand resonance, (3) brand salience memiliki pengaruh  secara positif dan signifikan terhadap brand resonance, (4) persepsi kualitas memiliki pengaruh secara positif dan signifikan dalam memediasi brand salience terhadap brand resonance.  

References

Ariyadi, D., & Putra, Y. S. (2016). Analisis Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan Pada Minimarket Indomaret Di Salatiga. Among Makarti, 8(2), 83–107. https://doi.org/10.52353/ama.v8i2.123
Bilal Panji Prasetyo, Indira Rachmawati ST., M. (2018). Pengaruh Customer Based Brand Equity Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Smartphone Samsung Di Indonesia. 5(1), 1–23.
Chadijah, & Mayasari, I. (2020). Analisis Brand Resonance : Studi Pada Restoran Martabak Puas. 1=12.
Eliot Simangunsong. (2018). Generation-Z Buying Behaviour In Indonesia: Opportunities For Retail Businesses. 15(1), 165–175.
Eris Dwiyanti, Nurul Qomariah, W. M. T. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Effect of Quality Perception , Brand Name , and. 8(2).
Faizal, H., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.271
Hariyadi, G. T., Nuryanto, I., & Wijaya, M. P. (2020). Upaya Brand Salience untuk Mendorong Terjadinya Brand Resonance. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 122–135. https://doi.org/10.33633/jpeb.v5i1.3280
Isnawati, S. I., Kom, S. I., & Purwanto, A. (2022). Generation Z Buying Behaviour Analysis Of Retail Business Opportunities. Manajemen Dan Akuntansi, 2(2). http://jibaku.unw.ac.id
Keller, K. L. (2001). Building Customer-Based Brand Equity : A Blueprint for Creating Strong Brands Building Customer-Based Brand Equity : A Blueprint for Creating Strong Brands. Journal of Marketing Communications, 15(2–3), 139–155. https://doi.org/10.1080/13527260902757530
Mega, D. M. (2017). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality of Brand, Brand Association, Brand Loyalty, dan Brand Image Terhadap Brand Equity Erigo Menurut Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 826–842.
Prasetyo, F. B., & Widodo, T. (2018). Peran Resonansi Merek Dalam Memediasi Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Prostreet Indonesia. EProceedings …, 5(3), 3283–3290. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8084%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/8084/7980
Qiao, Y., Yin, X., & Xing, G. (2022). Impact of Perceived Product Value on Customer-Based Brand Equity: Marx’s Theory – Value-Based Perspective. Frontiers in Psychology, 13(June), 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.931064
Sandhe, A. A. (2017). an Exploratory Study of Brand Equity of a Commercial Bank in Vadodara, India. Independent Journal of Management & Production, 7(2), 289–302. https://doi.org/10.14807/ijmp.v7i2.404
Santoso, B. (2019). Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Generasi Z di Surabaya. Agora, 7(2).
Setiawan, T., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital, Persepsi Kualitas, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Di Marketplace. Journal of Applied Business Administration, 6(2), 90–100. https://doi.org/10.30871/jaba.v6i2.4449
Suciarto A., S., Widyanto, M., & Untari, R. (2019). Pengaruh Customer Based Brand Equity(CBBE) Merek Snack terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pelajar Di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jemap, 1(2), 205. https://doi.org/10.24167/jemap.v1i2.1752
Sya’idah, Evi Husniati Tontowi Jauhari, Imas Nur Fauzia, M. N. S. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 204. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i3.1106
Ummah, N., & Siti Azizah Rahayu. (2020). Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Impulsif Produk Fashion. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 33–40. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.350
Published
2024-01-03
Abstract viewed = 205 times
PDF downloaded = 115 times