Manajemen Senin Bahagia Dalam Mengembangkan Guru SD Negeri Paripurna yang Berkualitas

Senin Bahagia Management in Developing Quality Plenary State Elementary School Teachers

  • Cecep Abdul Salam SDN PARIPURNA
Keywords: Manajemen, Senin Bahagia, Strategi

Abstract

Manajemen Senin Bahagia dilatarbelakangi oleh kondisi SD Negeri Paripurna yang dianggap perlu meningkatkan pelaksanaaan program sekolah terutama guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Senin Bahagia dalam mengembangkan Guru SD Negeri Paripurna yang berkualitas. Adapun dalam penelitian ini, Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah observasi, pengalaman empiris penulis sebagai Kepala Sekolah dan studi literatur yang mempunyai relevansi kekinian mengenai topik Senin Bahagia yang sedang dibahas. studi literatur dengan mengumpulkan bahan-bahan dari jurnal, artikel, buku serta sumber lainnya berkaitan dengan Manajemen Senin Bahagia dalam meningkatkan kualitas guru SD Negeri Paripurna yang berkualitas. Hasil Kajian menunjukan bahwa (1) Penerapan strategi manajemen “Kudu nepi samẻmẻh indit” atau “harus sampai sebelum pergi” yang diterapkan Kepala Sekolah SD Negeri Paripurna (2) upaya-upaya menyediakan guru berkualitas dengan komitmen manajemen Senin Bahagia diantaranya terdapat fakta surat pernyataan komitmen dari guru untuk melaksanakan musyawarah setiap hari senin setelah jam pelajaran selesai (3) Terdapat partisipasi guru dalam bentuk proses pengenalan atau identifikasi masalah mengadakan monitoring dan evaluasi atas pekerjaannya, melaporkan kegiatannya, dan memberikan saran dalam pemecahan masalah, terdapat tim peningkatan mutu dan kendali mutu, terdapat kegiatan perbaikan, pelatihan guru, penghapusan sebab kesalahan, dan pengakuan atau aspirasi bagi mereka yang terlibat dalam peningkatan mutu pembelajaran di SD Negeri Paripurna.

References

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Gage, N. L., Berliner, D. C., & Bach, G. (1986). Pädagogische Psychologie. Beltz Weinheim.
Hermawan, A. (2018). MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SARANA PRASARANA DI MTSN BANJAR SELATAN 2 KOTA BANJARMASIN. 2(1), 1–13.
Hermayawati, H. (2020). Hasil Penilaian Sejawat Sebidang Atau Peer Review Karya Ilmiah: Prosiding. Judul: Guru Berkualitas Menuju Indonesia Cerdas.
KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
M. dahlan Al Barry. (1995). Kamus Modern Bahasa Indonesia. Arkola.
Nadirsyah, N. (2008). Pengaruh basil audit ekstern dan komitmen manajemen terhadap keefektifan pengendalian intern dan kinerja keuangan perusahaan (Survei pada Emiten Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). MAKSI, 8.
Novianti, D., Ayuhan, A., Alma, M. M., & ... (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia di MTs Nurul Falah Pondok Aren Tangerang Selatan. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14229%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/14229/7385
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi (Vol. 11). Salemba Empat.
Septiyani, L., Fatimah, S., & Sabila, S. N. (2021). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia Di SD Negeri 4 Cipeujeuh Wetan. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar)“Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0,” 506–510.
Sukmadinata, N. S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Persada.
Published
2024-01-21
Abstract viewed = 126 times
PDF downloaded = 83 times