Pengaruh Kebijakan CSR Terhadap Brand Image, Word of Mouth dan Brand Commitment Melalui Brand Trust

The Influence of CSR Policy on Brand Image, Word of Mouth and Brand Commitment Through Brand Trust

  • Lisa Putri Hanindita Manajemen, Universitas Trisakti
  • Aekram Faisal Manajemen, Universitas Trisakti
Keywords: Komitmen Merek, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kebijakan CSR, Word of Mouth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kebijakan CSR terhadap brand image, word of mouth, dan brand commitment melalui brand trust. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 240 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini adalah: Kebijakan CSR berpengaruh positif terhadap Brand trust, Brand trust berpengaruh positif terhadap Brand image, Word of mouth dan Brand commitment, Brand trust berpengaruh positif dalam mediasi pengaruh antara Kebijakan CSR terhadap Kebijakan Brand image dan CSR terhadap Word of mouth dan Kebijakan CSR terhadap Brand commitment. Penelitian ini ingin menguji pengaruh kebijakan CSR terhadap komitmen merek melalui kepercayaan merek di restoran cepat saji, selain citra merek dan word of mouth yang telah diuji oleh peneliti sebelumnya.

References

Bae, GK, Lee, SM, & Luan, BK (2023). Dampak ESG terhadap Kepercayaan Merek dan Word of Mouth pada Perusahaan Makanan dan Minuman: Berfokus pada Wisatawan Pulau Jeju. Keberlanjutan (Swiss) , 15 (3), 1–14. https://doi.org/10.3390/su15032348
Butt, MM, Khong, KW, & Alam, M. (2020). Mengelola integritas perilaku merek perusahaan: kasus dugaan pelanggaran sertifikasi Halal. Jurnal Pemasaran Islam , 12 (6), 1219–1238. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2020-0109
Aksi Air Bersih. (2021). Yuk Kita Mengenal Lebih Dekat, Junk Food dan Fast Food, Teman Sehari-Hari Kita .
Fahlevi, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek, Identifikasi Merek Dan Komitmen Merek Terhadap Loyalitas Merek Sepatu Olahraga Pengaruh Kepercayaan Merek, Identifikasi Merek Dan Komitmen Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Sepatu Olahraga. Jurnal Studi Manajemen dan Kewirausahaan , 3 (5), 3017–3026.
Fatma, M., Khan, I., Rahman, Z., & Pérez, A. (2020). Ekonomi berbagi: pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap komitmen merek. Jurnal Manajemen Produk dan Merek , 30 (7), 964–975. https://doi.org/10.1108/JPBM-04-2020-2862
Fauzan, N. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Pada Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Pelanggan. Seri Konferensi GMPI , 1 , 29–41. https://doi.org/10.53889/gmpics.v1.83
Feng, Y., Akram, R., Hieu, VM, & Tien, NH (2022). Dampak tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan berkelanjutan perusahaan Italia: peran mediasi reputasi perusahaan. Penelitian Ekonomi-Ekonomska Istrazivanja , 35 (1), 4740–4758. https://doi.org/10.1080/1331677X.2021.2017318
Gilal, FG, Channa, NA, Gilal, NG, Gilal, RG, Gong, Z., & Zhang, N. (2020). Tanggung jawab sosial perusahaan dan gairah merek di kalangan konsumen: Teori dan bukti. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Pengelolaan Lingkungan , 27 (5), 2275–2285. https://doi.org/10.1002/csr.1963
Rambut, JFJ, Hitam, WC, Babin, BJ, & Anderson, RE (2019). Analisis Data Multivariat . https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4
Hanaysha, JR (2022). Dampak fitur pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen di industri makanan cepat saji: Kepercayaan merek sebagai mediator. Jurnal Internasional Wawasan Data Manajemen Informasi , 2 (2), 100102. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102
Hayes, AF, & Scharkow, M. (2013). Kepercayaan Relatif Uji Inferensial terhadap Pengaruh Tidak Langsung dalam Analisis Mediasi Statistik: Apakah Metode Benar-Benar Penting? Ilmu Psikologi , 24 (10), 1918–1927. https://doi.org/10.1177/0956797613480187
Jr, JFH, Hitam, WC, Babin, BJ, Anderson, RE, Hitam, WC, & Anderson, RE (2018). Analisis Data Multivariat . https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4
Kamboj, S. (2020). Menerapkan teori kegunaan dan gratifikasi untuk memahami partisipasi pelanggan dalam komunitas merek media sosial: Perspektif teknologi media. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik , 32 (1), 205–231. https://doi.org/10.1108/APJML-11-2017-0289
Karim, K., Ilyas, GB, Umar, ZA, Tajibu, MJ, & Junaidi, J. (2022). Kesadaran dan Loyalitas Konsumen di Sektor Perbankan Indonesia: Pentingkah Efek Ikatan Emosional? Jurnal Pemasaran Islam . https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2022-0092
Kataria, S., Saini, VK, Sharma, AK, Yadav, R., & Kohli, H. (2021). Pendekatan integratif terhadap hubungan loyalitas merek dan tanggung jawab sosial perusahaan. Tinjauan Internasional tentang Pemasaran Publik dan Nirlaba , 18 (3), 361–385. https://doi.org/10.1007/s12208-021-00277-4
Khan, I., & Fatma, M. (2023). Pengaruh CSR terhadap Citra Merek dan Word of Mouth Konsumen: Peran Mediasi Kepercayaan Merek. Keberlanjutan (Swiss) , 15 (4). https://doi.org/10.3390/su15043409
Khan, I., Hollebeek, LD, Fatma, M., Islam, JU, & Rahman, Z. (2020). Keterlibatan merek dan pengalaman dalam layanan online. Jurnal Pemasaran Jasa , 34 (2), 163–175. https://doi.org/10.1108/JSM-03-2019-0106
Kwon, JH, Jung, SH, Choi, HJ, & Kim, J. (2020). Faktor pendahulu yang mempengaruhi kepercayaan merek restoran dan loyalitas merek: fokus pada konsumen AS dan Korea. Jurnal Manajemen Produk dan Merek , 30 (7), 990–1015. https://doi.org/10.1108/JPBM-02-2020-2763
Langaro, D., de Fátima Salgueiro, M., Rita, P., & Del Chiappa, G. (2019). Partisipasi Pengguna di Halaman Merek Facebook dan Pengaruhnya terhadap Word-of-Mouth: Peran Pengetahuan Merek dan Hubungan Merek. Jurnal Komunikasi Kreatif , 14 (3), 177–195. https://doi.org/10.1177/0973258619889404
Liao, SH, Chung, YC, & Chang, WJ (2019). Interaktivitas, keterlibatan, kepercayaan, niat membeli, dan promosi dari mulut ke mulut: Sebuah studi mediasi yang dimoderasi. Jurnal Internasional Jasa, Teknologi dan Manajemen , 25 (2), 116–137. https://doi.org/10.1504/IJSTM.2019.098203
Liassi, S., & Kaplan, B. (2021). Studi Literatur Peran Nilai dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Keputusan Konsumsi Etis: Industri Makanan Cepat Saji. Researchgate.Net , Desember 2020 .
Liu, MT, Liu, Y., Mo, Z., Zhao, Z., & Zhu, Z. (2020). Bagaimana CSR mempengaruhi loyalitas perilaku pelanggan di industri hotel Cina. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik , 32 (1), 1–22. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2018-0160
Muhammad, M. (2022). Pengaruh Moderasi Kepercayaan Merek pada Masa Pandemi COVID -19 dalam Hubungan antara Praktik CSR dan Loyalitas Merek Bank Umum Mesir. , 3 (2), 709–748 . https://doi.org/10.21608/cfdj.2022.249383
Mushowirotun, N. (2020). IMPLEMENTASI KONSEP TRIPLE BOTTOM LINE PADA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI RUMAH MAKAN CEPAT SAJI AYAM GEPREK SA'I . 1–23.
Nyamogosa, HM, & Obonyo, GO (2022). Strategi Bisnis Berkelanjutan untuk Pertumbuhan Restoran Cepat Saji: Perspektif Manajer Restoran Cepat Saji di Blok Ekonomi Lake Region, Kenya. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata , 2 (1), 1–15. https://doi.org/10.47672/jht.958
Palusuk, N., Koles, B., & Hasan, R. (2019). 'Yang Anda butuhkan hanyalah kecintaan terhadap merek': tinjauan kritis dan kerangka konseptual komprehensif untuk kecintaan terhadap merek. Jurnal Manajemen Pemasaran , 35 (1–2), 97–129. https://doi.org/10.1080/0267257X.2019.1572025
Ramesh, K., Saha, R., Goswami, S., Sekar, & Dahiya, R. (2019). Respon konsumen terhadap kegiatan CSR: Memediasi peran citra merek dan sikap merek. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Pengelolaan Lingkungan , 26 (2), 377–387. https://doi.org/10.1002/csr.1689
Sekaran & Bougie, 2016. (2016). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keterampilan Edisi Ketujuh .
Sekaran, B. (2016). Cara mudah untuk membantu siswa belajar, berkolaborasi, dan berkembang . www.wileypluslearningspace.com
Setiawan, D. (2020). Pengaruh Kepribadian Merek, Kepercayaan Terhadap Merek, Keterikatan Pada Merek Terhadap Komitmen Terhadap Merek. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan , 4 (4), 94. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i4.8660
Shah, SHH, Lei, S., Hussain, ST, & Mariam, S. (2020). Bagaimana persepsi etika konsumen mempengaruhi niat membeli kembali dan promosi dari mulut ke mulut? Model moderasi termediasi. Jurnal Etika Bisnis Asia , 9 (1). https://doi.org/10.1007/s13520-019-00096-1
Shelly, & Sitorus, DH (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Quality, Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Produk Merek Philips. Jurnal Ilmiah Mahasiswa , 5 (3), 1–10.
Singh, G., Slack, N., Sharma, S., Mudaliar, K., Narayan, S., Kaur, R., & Sharma, KU (2021). Anteseden terlibat dalam mengembangkan loyalitas pelanggan restoran cepat saji. Jurnal TQM , 33 (8), 1753–1769. https://doi.org/10.1108/TQM-07-2020-0163
Sumatriani, S., Pane, D., & Kamaruddin, N. (2021). Peranan Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Pada Pt Semen Tonasa. Jurnal Administrasi Bisnis (JBA) , 1 (1), 15. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2677
Yousaf, A., Mishra, A., & Bashir, M. (2020). Kepercayaan merek, komitmen institusional, dan dampaknya terhadap loyalitas siswa: bukti pendidikan tinggi di India. Studi di Pendidikan Tinggi , 45 (4), 878–891. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1558441
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 114 times
PDF downloaded = 65 times