Pengembangan Sistem Informasi Geografis Masjid-Toko untuk Mempetakan Perkembangan Ekonomi melalui Masjid di Kota Malang

Development of a Mosque-Shop Geographic Information System to Map Economic Development through Mosques in Malang City

  • Miftah Rakhmadian Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Novi Eko Prasetyo Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
  • Lucky Adam Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Perkembangan Ekonomi, Toko, Masjid

Abstract

Masjid sebagai tempat pusat ibadah dapat dimaksimalkan perannya untuk mensejahterakan umatnya melalui kegiatan-kegiatan produktif dalam bidang ekonomi. Pengelola masjid perlu memiliki pengetahuan dalam bidang agama khususnya dalam bidang ibadah atau yang bersifat hablumminallah, dan juga penting memiliki pengetahuan dalam bidang sosial atau bersifat hablumminannas demi mencapai kebahagian di dunia dan akherat. Akhir-akhir ini mulai banyak masjid yang mengembangkan perannya khususnya dalam bidang ekonomi, ini terlihat dari munculnya usaha-usaha seperti membuat took, mini-market, produksi air mineral, dan produksi-produksi barang lain. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif dan perlu didukung agar kegiatan tersebut terus berjalan dan semakin berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data tentang masjid-masjid di kota Malang yang mengembangkan kegiatannya dalam bidang ekonomi, kemudian menyajikan data-data tersebut dengan Sistem Informasi Geografis Masjid-Toko yang kemudian diberi nama (SIGMASTORE). Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data masjid yaitu dengan survei, sedangkan metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi geografis adalah dengan menggunakan metode Research and Development (R&D). Penelitian ini berhasil mengumpulkan data sebanyak 10 masjid yang berada di kota Malang yang mengembangkan kegiatannya dalam bidang ekonomi. Penelitian ini juga berhasil mengembangkan suatu sistem informasi geografis untuk menampilkan data-data yang telah dikumpulkan yang kemudian sistem ini diberi nama SIGMASTORE atau Sistem Informasi Geografis Masjid-Toko.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayub, M. (1996). Manajemen Masjid. Jakarta: Gema Insani.
Harahap, S. (1993). Menejemen Masjid. Yogyakarta: Dhana Bakti Wakaf.
Iwan, S. (2011). Peran Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam peningkatan kemampuan berpikir spasial (Spatial Thingking). Jurnal Geografi (GEA), 15(1).
Koko, W. M. (2015). Sistem Informasi Geografis (SIG) Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara di Provinsi Bengkulu Berbasis Website. Jurnal Media Infotama, 11(1), 51–60.
Prahasta, & Eddy. (2002). Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar Informasi Geografis. Bandung: Informatika Bandung.
Putra, & Nusa. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syahruddin, Hanafie, & Abud, A. (1986). Mimbar Masjid. CV Haji Masagung.
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 90 times
PDF downloaded = 65 times