Efektivitas Pelatihan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Kuliner di Kota Banjarmasin

Effectiveness of Digital Marketing Training in Increasing Sales Volume of Culinary MSMEs in Banjarmasin City

  • Risnande Dwi Soraya Pendidikan Ekonomi, Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahmudah Hasanah Pendidikan Ekonomi, Universitas Lambung Mangkurat
  • Ananda Setiawan Pendidikan Ekonomi, Universitas Lambung Mangkurat
  • Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang Pendidikan Ekonomi, Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pelatihan Digital Marketing, Peningkatan Volume Penjualan, UMKM

Abstract

Di era digital saat ini pelaku UMKM dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Diketahui bahwa tidak semua UMKM di Indonesia mampu mengubah pola pemasaran konvensional menjadi pemasaran digital. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya volume penjualan pada UMKM. Sistem pemasaran digital dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa berbatas ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan UMKM kuliner di kota Banjarmasin. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 60 UMKM kuliner yang sudah mengikuti pelatihan digital marketing dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 sampel. Analisis data menggunakan pendekatan SEM-Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelatihan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan UMKM, thitung variabel X (5.629) > ttabel (1,697) dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji R square sebesar 0,446 artinya peningkatan volume penjualan UMKM bergantung pada efektivitas pelatihan digital marketing sebesar 44,6%, sedangkan sisanya dipegaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitiam ini menunjukkan bagaimana pelatihan digital marketing dapat mempengaruhi peningkatan volume penjualan.

References

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. (2018). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Baladraf, M. I. F., Sembodo, G., Hasanah, L. U., & Pramono, A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya ..., 1(1). http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2041
Christanti, A. (2016). Studi Peranan Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Sikap dan Intensi Kewirausahaan di Sentra Industri Produk Roti dan Kue Rungkut Lor, Surabaya. Agora,242-248. Jurnal Mahasiswa Business Management, 4(1), https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/4249 Deloitte. (2015). UKM Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen Pertumbuhan Nusantara. www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/ indonesia-success-reportbahasa-noexp.pdfid/Documents/finance/id-fas-smepowering
Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1-14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai upaya peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 23(2), 117–120. https://doi.org/dx.doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17880
Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2022). Upaya meningkatkan volume penjualan menggunakan digital marketing Pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Manajemen Dayasaing, 23(2), 90–96. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v23i2.16860
Hasanah, T. (2020). Volume penjualan berdasarkan kualitas produk, Promosi dan saluran distribusi. Journal of Menagement and Bussines (JOMB), 2(2), 159–171. https://doi.org/10.31539/jomb.v2i2.1775
Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Indika, M., & Marliza, Y. (2019). Upaya Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Melnelngah (UMKM) Dalam. MBIA, 18(3), 49–66. https://doi.org/10.33557/mbia.v18i3.598
Kanita, M. (2019). Strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan buku penerbit erlangga di kota Palangkaraya. In Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Kurniati, K. (2020). Pengarulh pengawasan dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja karyawan bagian produksi pada PT.Sari Lembah Subur. In Skripsi. Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau.
Kurniawan, A., & Asharudin, M. (2018). Small and Medium Enterprises (Smes) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Businelss, 1(2), 115–120. https://doi.org/10.23917/mijeb.v1i2.9367
Mariam, S. (2022). Pengenalan Strategi Marketing Dalam Pengembangan Bisnis (Umkm Binaan Jakpreneur) Di Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1199–1206. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1552
Mey, T. E. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pt.Evouzione Tyrez Purwadadi Subang. The World of Business Administration Journal, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.37950/wbaj.v3i1.1074
Panggabean, G. S. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Lingkungan Bisnis Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Papan Bunga di Kota Medan. Universitas HKBP Nommensen.
Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2019). Stratelgi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2969–2978. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24043
Rahayu, M., & Suranto, S. (2019). Strategi Pemasaran Digital Narapati Indah Syariah Hotel Convention Bandung. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(5), 498–509. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ilkom/articlel/view/16384
Rahmayani, M. W., Hernita, N., Gumilang, A., & Riyadi, W. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan Desa Cibodas. Coopetition, 14(1). https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.1428
Safitri, A. H. (2023). Pengaruh Pelatihan Gamifikasi terhadap Self-Efficacy Karyawan Dimediasi Soft Skills: Survei pada PT Anelka Bumi Pratama Batanghari, Jambi. Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia.
Sary, F. P., Indiyati, D., Disastra, G. M., & Moslem, M. (2022). Pengaruh Pelatihan Daring Dan Kesiapan Teknologi Terhadap Motivasi Berwirausaha Umkm Di Indonesia (Studi Pada Umkm Di 5 Destinasi Super Prioritas Dan Bali). AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3). https://doi.org/10.1007/s00712-023-00827-w
Sellitto, C. (2004). Internet Adoption by Australian Wineries: Perceived Benefits and Direct Marketing Practices. International Journal of Wine Marketing, 16(3), 58–72. https://doi.org/10.1108/elb008779
Septiandika, V., & Fitria, N. J. L. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Kreatifitas Usaha Terhadap Pengembangan UMKM (Riset UMKM Sektor Ekonomi Biru di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo). Eksos, 18(1), 58–70. https://doi.org/10.31573/eksos.v18i1.441
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta.
Sultana, A., Irum, S., Ahmed, K., & Mehmood, N. (2012). Impact of training on elmployee performance: A study of telecommunication sector in Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Reselarch in Business, 4(6), 646–661. https://www.semanticscholar.org
Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Theresia, P. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Wahyuni, N. S., Helmi, T. A., Pinem, M. N., Wasesa, S., Rahayu, S., Hartati, S., Fachryana, F. A.-H., & Pranata, D. (2022). Optimalisasi Peningkatan Penjualan Melalui Pendampingan Pemasaran Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Binaan Puspa Binjai. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 42–48. https://doi.org/10.47065/jpm.v3i2.694
Was’an, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.7
Wibowo, R. (2015). Kesuksesan E-commerce (Online shopping) Melalui trust Dan Customer Loyalty. Ekonomi Bisnis, 20(1), 8–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um042v20i1p8-15
Yulia, L., & Setianingsih, W. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada UMKM Produksi Mebel di Desa Tamansari Babakan Muncang I Kota Tasikmalaya). JURNAL MANEKSI, 9(1), 346–354. https://doi.org/10.31959/jm.v9i1.397
Published
2024-01-21
Abstract viewed = 136 times
PDF downloaded = 106 times