Terjual Sampai 982 Ribu Produk: Strategi TikTok Afiliasi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Sajodo Snack

Sold Up to 982 Thousand Products: TikTok Affiliate Strategy to Increase Sales of Sajodo Snack Products

  • Anandita Salsabila Azzahra Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Cecep Safa’atul Barkah Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Iwan Sukoco Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
  • Nurillah Jamil Achmawati Novel Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran
Keywords: Komunikasi Pemasaran, TikTok, TikTok Afiliasi

Abstract

TikTok merupakan media sosial yang memiliki peningkatan pengguna dari awal rilisnya sampai kini. Hal ini dikarenakan TikTok menjadi sebuah media yang menggabungkan antara media komunikasi dan media berbelanja, tentu ini menjadi sebuah kesempatan yang besar bagi perusahaan dalam meningkatkan kesadaran produk hingga meningkatkan penjualan kepada calon konsumen seluas-luasnya melalui jejaring komunikasi pemasaran. Salah satu alat yang disediakan oleh TikTok adalah TikTok afiliasi, hingga kini strategi ini dinilai ekonomis, praktis dan memberikan keuntungan yang maksimal. Program TikTok afiliasi tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan tetapi juga memberikan keuntungan bagi seorang afiliator dalam bentuk komisi akan konten yang dibuat bagi para pengikut.

References

Diana Novita, O., & Herwanto, A. (2023). TIKTOK AFFILIATE, A NEW MARKETING CHANNEL FOR BRANDS. ISSN 2722-9467
Laurentius, Hengki, Sarwindah, Okkita Rizan, & Hamidah. (2022). OPTIMASI TIPE AFFILIATE DIGITAL MARKETING TERHADAP PRODUK UMKM DENGAN MODEL DESKRIPSI CLUSTERING. Jurnal Cakrawala Indah, 2(4).
Mangiò, F., & Di Domenico, G. (2022). All that glitters is not real affiliation: How to handle affiliate marketing programs in the era of falsity. Business Horizons, 65(6), 765–776.
Nurazizah, R. (2022). The Effect of TikTok Social Media Marketing on Impulsive Purchase of Fashion Products in the Shopee Affiliate Campaign with Hedonic Shopping Motivation as the Intervening Variable. International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.
Ooi, K. B., Lee, V. H., Hew, J. J., Leong, L. Y., Tan, G. W. H., & Lim, A. F. (2023). Social media influencers: An effective marketing approach? Journal of Business Research, 160.
Patrick, Z., & Hee, O. C. (2021). Affiliate marketing in SMEs: The moderating effect of developmental culture. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 29(2), 1249–1271.
Ramadhayanti, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1).
Syrdal, H. A., Myers, S., Sen, S., Woodroof, P. J., & McDowell, W. C. (2023). Influencer marketing and the growth of affiliates: The effects of language features on engagement behavior. Journal of Business Research, 163.
TikTok. (2023). Pusat Bantuan Bisnis. TikTok. https://ads.tiktok.com/help/article/value-based-optimization-tiktok-shop?lang=id
Winarti, T. (2016). HUBUNGAN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KAMPUNG DAUN CULTURE GALLERY & CAFÉ.
Published
2024-04-17
Abstract viewed = 37 times
PDF downloaded = 20 times