PENGARUH FASILITAS BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG FUNGSI PAJAK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAMBOYA

  • Matius Matti Nunu IKIP Budi Utomo Malang
  • Deni Nugroho Setyabudi IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Kedisiplinan, Pengetahuan Fungsi Pajak

Abstract

Pengetahuan terhadap materi pelajaran sangat penting dimiliki oleh setiap siswa, karena dengan demikian maka proses belajar siswa membuahkan hasil yaitu perubahan aspek kognitif dari belum paham menjadi lebih paham setelah siswa belajar. Namun, ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pengetahuan siswa tentang materi pelajaran, antara lain faktor fasilitas belajar, motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (3) mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (4) mengetahui pengaruh fasilitas belajar, motivasi belajar, dan kedisiplinan secara simultan terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018, yang berjumlah 55 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi tersebut ditetapkan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner (untuk mengevaluasi variabel fasilitas belajar, motivasi belajar dan kedisiplinan), serta teknik tes tulis (untuk mengevaluasi pengetahuan siswa tentang fungsi pajak). Data-data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan teknik analisis multiple regressions dengan bantuan program komputer (SPSS). Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,028) < 0,05, sehingga semakin lengkap fasilitas belajar yang ada di sekolah maka pengetahuan siswa tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,043) < 0,05, sehingga semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa maka pengetahuannya tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (3) kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,000) < 0,05, sehingga tinggi tingkat kedisiplinan siswa dalam belajar maka pengetahuannya tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (4) fasilitas belajar, motivasi belajar, dan kedisiplinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,000) < 0,05.

References

Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Lilin Persada Press.
Budiono, Bagus. 2016. Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kopling Siswa Kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Kebumen. Jurnal Otomotif UMP, Vol. 7 No. 1, hal. 52-56.
Herawati, Immaculata & Yuli Widiastuti. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. eJournal Universitas Negeri Malang, Vol. 1 No. 1, hal. 1-13.
Mangkoesoebroto, G. 2016. Ekonomi Publik. Cetakan ke-17. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta (Anggota IKAPI).
Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru 2016.Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Prasojo, Retmono Jazib. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol. 2 No. 1, hal. 1-11.
Sugiyanto. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, Vol. 1 No. 1, hal. 72-79.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan ke-19. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunadi, Lukman. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 1 No. 1, hal. 1-19.
Yamin, Moh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran: Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar yang Membangun Karakter. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing) Anggota IKAPI.
Published
2019-09-26
Abstract viewed = 2436 times
PDF downloaded = 1263 times