PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GIRIPURNO KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

  • Dwi Handoko IKIP Budi Utomo Malang
  • Titik Purwati IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Tingkat Pendidikan, Motivasi Kerja, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, sampel yang jadi responden dalam penelitian ini adalah 39 jiwa dari populasi yang berjumlah 433 kemudian diambil 10% dari setiap jumlah jenis pekerjaan maka diperoleh 433 populasi jiwa. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis mengguanakan teknik deskripsif dan teknik analisis Uji Dummy regresi berganda dengan bantuan aplikasi Eviews6. Dari hasil analisis tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat secara signifikan. Hal ini ditunjukkan olah nilai probabilitas 0,000 < α 0,05. Nilai ini menjelaskan bahwa antara tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung (12,75) > F tabel (3,26). Dari hasil penelitian diperoleh Rsquare sebesar 0,74 atau 74% dipengaruhi oleh variabel yang diteliti sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti yang juga merupakan mempengaruhi pendapatan masyarakat yang bekerja.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Rineka Cipta.
Fitrisar1, Ria, Annes, 2015, Skripsi, Pengaruh pelatihan dan pengalaman kerja terhadap pendapatan karyawan yoehas advertising, Universitas Jambi, JAMBI.
Mardiana, Ana, 2010, Skripsi, Hubungan tingkat pendidikan dan pendapatan dengan perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian di Desa Simpang Sungai Duren Kecematan Jaluko Muaro Jambi, Universitas Jambi, JAMBI.
Pujoalwanto, Basuki. 2014. Perekonomian Indonesia tinjauan historis, teoritis, danempiris. Yogyakarta: Graha ilmu.
Rahman, Arif. 2013. Memahami ilmu pendidikan. Yogyakarta: CV Aswaja pressindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-09-26
Abstract viewed = 2381 times
PDF downloaded = 1447 times