Analisis Promotion Mix pada Produk SIDIK Fathonah di BMT NU Cabang Ganding

  • Ach. Zuhri Universitas Bahaudin Mudhary Madura
Keywords: Bauran Pemasaran, Penjualan Pribadi, Periklanan, Publisitas, Sales Promosi.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, informan adalah karyawan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) NU Cabang Ganding. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Variabel promotion mix sudah diterapkan di BMT NU Cabang Ganding, advertising (periklanan) berupa pemasangan spanduk dan penyebaran browsur, sales promotion dengan cara mendatangi langsung serta melakukan demonstrasi produk SIDIK Fathonah kepada para siswa, publicity dengan cara mengadakan pengajian saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan pemberitaan kegiatan dan produk di media online NU, dan personal selling dengan mendatangi dan berbicara langsung dengan kepala sekolah dan orang tua siswa terdekat. Kedua; kekuatan, yaitu dengan strategi jaringan silaturrahim dan pendekatan personal, kelemahan, minimnya tenaga kerja, pemberitaan dan periklanan terlalu universal, peluang, terbukanya peraturan perundang-undangan dan letak kantor yang strategis, dan ancaman, teknologi yang dimiliki kurang memadai dan munculnya pesaing yang semakin banyak dengan inovasi promosi yang semakin bagus dan bisa menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekitar.

References

Abdullah, J. A. (2016). The Impact of Promotional Mix Elements on Consumers Purchasing Decisions. Journal for Studies in Management and Planning, 02(01).
Adisaputro, G. (2014). Manajemen pemasaran (analisis untuk perancangan strategi pemasaran). Unit Penerbit dan Percetakan STI Manajemen YKPN.
Haris, M. A. (2011). Analisis Pelaksanaan Promotion Mix pada OMUS Yogyakarta, Skripsi, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ismail. (2001). Perbankan Syariah. Kencana.
Karunanithy, M., & Sivesan, S. (2013). An Empirical Study on the Promotional Mix and Brand Equity: Mobile Service Providers. Industrial Engineering Letters, 3(3).
Kasmir. (2010). Pemasaran Bank (Revisi). Kencana.
Kumar, S., & Patra, S. (2017). Does Promotion Mix Really help to Enchance Brand Equity: A Literature Review. Indian Journal of Commerce & Management Studies, VIII(2).
Muhammad. (2004). Manajemen Dana Bank Syariah. Ekonisia.
Nour, M. I., Almahirah, mohammad salamh, Said, S. "Mohammed, & Freihat, S. (2014). The Impact of Promotional Mix Elements on Consumers Purchasing Decisions. International Business and Management, 8(2). https://doi.org/10.3968/4800
Subagyo, A. (2010). Marketing in Business Studi Kasus UMK & LKM (Usaha Mikro Kecil & Lembaga Keuangan Mikro). mitra wacana media.
Published
2020-03-31
Abstract viewed = 1206 times
PDF downloaded = 1033 times