STRATEGI KOPERASI SYARIAH SIDOGIRI CABANG PEMBANTU YOSOWILANGUN DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT EKONOMI LEMAH DI DESA YOSOWILANGUN LOR KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG

  • Fidyah Jayatri
  • Dwi Yanuarindah Putri STKIP PGRI Lumajang
Keywords: Strategi Koperasi Syariah, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Lemah

Abstract

Koperasi syariah merupakan koperasi yang dikelola menggunakan prinsip-prinip syariah. Temuan observasi penelitian koperasi syariah Sidogiri Capem Yosowilangun mengutamakan kenyamanan berinteraksi dengan anggota terutama dalam kegiatan pembiayaan yang mengalami kesulitan. Bentuk pengembangan usaha anggota, Koperasi Sidogir Capem Yosowilangun menggunakan sistembagi hasil yang sesuai dengan ajaran syariat Islam serta tidak menggunakan imbalan bunga seperti bank atau koperasi konvensional pada umumnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini yaitu pengelola koperasi sidogiri dan masyarakat Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang yang menjadi anggota koperasi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang di gunakan yaitu dengan reduksi data, display data,  verifikasi data penelitian. Keabsahan data menggunakan kredibility, transfersibility, dependibility, dan konfirmability.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman masyarakat terhadap koperasi syariah sudah baik dimana masyarakat mampu menjelaskan bahwa bentuk pengelolaan koperasi syariah dan (2) strategi koperasi syariah dalam memberdayakan masyarakat ekonomi lemah ditunjukkan dengan melakukan upaya jemput bola terhadap anggota/nasabah yang perekonomiannya lemah untuk berbisnis atau berwirausaha. Saran (1) Bagi Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang diharapkan mampu memberikan referensi yang berkaitan dengan strategi koperasi syariah dalam memberdayakan masyarakat ekonomi lemah. (2) Bagi pengelola koperasi dihararapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga kedepan mampu memperkenalkan ekonomi syariah kepada masyarakatt lebih luas. Terakhir (3) Bagi anggota koperasi diharapkan mampu memilih produk koperasi sesuai kebutuhannya dalam upaya meningkatkan perekonomian mereka yang diharapkan dapat ikut andil dalam mengangkat dan memperkenalkan ekonomi syariah kepada masyarakat lebih luas.

References

Blocher, David E Stout dan Gery Cokins. 2013. Manajemen Biaya Penekanan Strategis Buku 1 Edisi kelima. Jakarta: Salemba Empat.
Buchori, Nur S. 2010. Koperasi Syariah. Masmedia Buana Pustaka: Sidoarjo
Hamid, Abdul. Koperasi Syariah. 2009. Masmedia Buana Pustaka: Sidoarjo
Haris, Abdul. Indikator Kesejahteraan Rakyat. 2013. Badan Pusat Statistik: Makassar
Maryati, Kun. 2005. Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi, Edisi I. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Rukminto, Adi isbandi. Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. 2005. FISIP UI PRESS: Depok.
Sumiyanto, Ahmad. 2008. Menuju Koperasi Modern (Panduan untuk Pemilik, Pengelola dan Pemerhati Baitul maal wat Tamwii dalam format Koperasi). Debeta :Yogyakarta
Published
2020-03-31
Abstract viewed = 1374 times
PDF downloaded = 1231 times