MIND MAPPING DALAM PERKULIAHAN PENGANTAR PENDIDIKAN

  • Loesita Sari IKIP Budi Utomo Malang
  • Melisa Wahyu Fandyansari IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: mind mapping, pengantar pendidikan

Abstract

Penelitian dilakukan menggunakan metode research and development model Dick and Carey dengan sembilan langkah pelaksanaannya. Penelitian melibatkan 90 mahasiswa semester satu Angkatan 2019. Kegiatan uji yang dilaksanakan adalah uji pretest dan uji posttest. Handout diuji oleh tiga validator yaitu ahli materi, ahli media serta ahli bahasa. Dan rancangan handout dilakukan uji kembali pada mahasiswa yaitu uji berskala kecil dan uji skala besar. Hasil akhir dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa hand out matakuliah prngantar pendidikan berbentuk mind mapping masuk dalam kriteria baik dan layak.

References

1. Ali, Mohammad & ASrori, Muhammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
2. Arifin, Zainul. 2012. Model Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
4. Borg and Gall. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman Inc.
5. Dick, W. & Carey, L. 1996. The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collin Publishers
6. Ghufron, Anik. 2011. Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. UNY
7. Semiawan, Conny R. 2007. Catatan Kecil Tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group
8. Winarsunu, Tulus. 2006. Statistic Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
9. www.tigaserangkai.com
10. Pengertian Hand out Pembelajaran.https://www.silabus.web.id/pengertian-hand out-pembelajaran/
Published
2020-03-31
Abstract viewed = 153 times
PDF downloaded = 161 times