PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA SDN SAMBIGEDE 03 SUMBERPUCUNG MALANG

  • Sriyatin Sriyatin Dinas Pendidikan Kabupaten Malang
  • Adi Sucipto IKIP BUDI UTOMO MALANG
  • Sulikan Sulikan IKIP BUDI UTOMO MALANG
Keywords: Pembelajaran, Model Kooperatif, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

Abstract

Kurangnya variasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani membuat siswa bosan dan tidak semangat dalam mengikuti pelajaran. Karena itu diperlukan model pembalajaran yang menarik sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam mengikuti pelajaran. Model  yang terapkan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw IIpada siswa kelas V SDN Sambigede 03 Sumberpucung Malang. Hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kondisi awal atau  hasil prasiklus menunjukkan ketidak tuntasan siswa dalam pembelajaran jasmani sebesar 40%, kemudian diberikan treatment pada siklus I dan II dengan menggunakan model jigsaw mengalami peningkatan  ketuntasan mencapai 57 %, dan pada siklus II ketuntasan mencapai 77%

References

Affandy, Sugeng 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Dribbling Dan Passing Sepakbola.Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Vol 5, No 3 (2017). 496 – 500.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Carin, A. 1993. Teaching Modern Science. New York: Macmillan Publishing Company.
Bloom, Benjamin S,. 1981. Evaluation to improve Learning.Published December 1st 1981 by McGraw-Hill Companies.
Budiningsih,Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 35-39.
Depdikbud.1994.Garis-garisBesarProgramPengajaran.Jakarta.
Gagne, R. M. 1985. The Conditions of Learning. New York:Holt Renehart and Winston.
Hamalik, Oemar. 2003.Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar berdasarkan CBSA : Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Hidayat, C., Juniar, DT. 2017.Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Poomsae I Mata Kuliah Taekwondo, (JPJO)Vol 2, No 2 (2017) http://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/index. p-ISSN : 2085-6180
e-ISSN : 2580-071X.
Jingjing Li a, Yumei Zhangb, Jiayu Manc, Yun Zhoud, Xiaojun Wua,b,. 2017. Two knowledge dissemination models with leader nodes on cooperative learning networks. Journal of Physica A. Vol 468: 740–749.
Kemmis, Stephen & Taggart, Robin. 1992. The Action Research Planner, Victoria: Deakin University Press.
Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik. Depdikbud, Ditjen Dikti Jakarta.
Lutan Rusli & Sumardianto. 2000. Filsafat Olahraga: Depdikbud.
Seaton,D.O.etal.1974.PhysicalEducationHandBook, Englewood.Cliffs.N6th.Prentice-hall,inc.
Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning Theory, research, and Practice.USA : The Jhons Hopkins University.
Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas EkonomiUI.
Published
2018-05-10
How to Cite
Sriyatin, S., Sucipto, A., & Sulikan, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA SDN SAMBIGEDE 03 SUMBERPUCUNG MALANG. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 80-91. https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i2.169
Abstract viewed = 3735 times
PDF downloaded = 2146 times

Most read articles by the same author(s)