Media JMix untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Pembelajaran Matakuliah Menyimak Apresiatif-Kreatif di IKIP Budi Utomo Malang

  • Artifa Sorraya IKIP Budi Utomo Malang
  • Yunita Anas Sriwulandari IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Media JMix, Kemampuan Menyimak, Apresiatif-Kreatif

Abstract

Menyimak merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa, manusia sebagai makhluk hidup sosial menggunakan keterampilan berbahasa dalam kegiatan interaksinya. Menyimak Apresiatif-Kreatif salah satu matakuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang. Pembelajaran matakuliah menyimak akan membosankan apabila diterapkan hanya menggunakan metode ceramah saja. Media JMix sangat cocok untuk membuat soal Bahasa, yaitu untuk membuat kuis dalam bentuk acak kata dan acak kalimat. Cara menyusunnya bisa dengan menklik hurufnya secara berurutan atau menarik dan menyusun hurufnya. Media JMix juga membuat mahasiswa dalam kegiatan menyimak lebih berkonsentrasi, tidak membosankan dan sangat efektif untuk diterapkan pada pembelajaran menyimak apresiatif-kreatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK, melalui 4 tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dosen pengampuh dan mahasiswa, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media JMix dapat meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa pada pembelajaran matakuliah menyimak apresiatif-kreatif.

Published
2019-09-30
Abstract viewed = 1429 times
pdf downloaded = 1202 times