UPAYA MENINGKATKAN KECEPATAN KAKI MELALUI METODE SHADOW BADMINTON DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan kaki melalui metode shadow badminton dalam permainan bulutangkis, siswa putra SMP Dharma Wanita 01 Senggreng. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus yaitu adanya rencana-tindakan-observasi dan refleksi. Subyek yang digunakan adalah seluruh siswa putra kelas VII SMP Dharma Wanita 01 Senggreng yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase peningkatan kecepatan kaki yaitu kategori Sangat Baik dari sebelum pemberian pembelajaran 6,8%, setelah pembelajaran siklus I mencapai 17,2% dan setelah pembelajaran siklus II mencapai 27,5%, dan kategori Baik 37,9% menjadi 62% dan menjadi 58,6%, salah satu mendapat hasil Baik Sekali, dan kategori Sedang 37,9% menjadi 13,7% dan berkurang menjadi 10,3%, Kategori Kurang 17,2% menjadi berkurang 6,8% dan kemudian hanya menjadi 3,4% saja. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kecepatan kaki siswa putra kelas VII SMP Dharma Wanita 01 Senggreng melalui metode shadow badminton.
References
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Cetakan Ke Empat. Bandung: Yrama Widya.
Ghony, Djunaidy. 2008. Penelitian Tindakan Kelas: Malang: UIN-Malang Press.
Universitas Negeri Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.Malang: Universitas Negeri Malng.
Wadimurni. 2008. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan. Malang: UM Press.
Ghazali Indra Putra , 2016. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Bulu Tangkis Berbasis Multimedia Pada Atlet Usia 11 Dan 12 Tahun. Jurnal Keolahragaan. Volume 4 – Nomor 2, September 2016, (175-185)
Copyright (c) 2019 Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.