PENGEMBANGAN BUKU AJAR ATLETIK BERBASIS PENELITIAN MATAKULIAH ATLETIK

  • Winarno Winarno IKIP BUDI UTOMO MALANG
  • Guntur Firmansyah IKIP BUDI UTOMO MALANG
Keywords: buku ajar, atletik, penelitian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku ajar berbasis penelitian untuk mata kuliah teori dan praktek atetik bagi mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dari brog dan gall. pengembangan ini menghasilkan suatu produk berupa buku ajar berbasis penelitian pada mata kuliah teori dan praktek atletik. hasil analisi data penelitian  ini berupa, penilaian ahli isi (mata kuliah atletik) dengan hasil persentase yaitu 82,54%, ahli bahasa dengan hasil persentase yaitu 77,50%, hasil validasi ahli media pembelajaran dengan persentase yaitu 80,35%, hasil penilaian uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan persentase 77,74%, hasil penilaian uji coba tahap II (kelompok besar) dengan persentase 81,38%, hasil penilaian uji lapangan dengan persentase 90,05% yang berarti buku ajar ini sudah layak digunakan sebagai bahan ajar matakuliah teori dan praktek atletik I bagi mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.

References

Afandi, A., & Susanto, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar pada Mata Kuliah Perkembangan Motorik Berbasis Aplikasi Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PJKR IKIP Budi Utomo Malang. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (pp. 25–28).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Elfarabi, A. (2017). Pengembangan Buku Ajar Teori Dan Praktek Pencak Silat Untuk Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang. JOSSAE: Journal of Sport Science and Education, 1(1), 24–26.

Fidiastuti, H. R., & Rozhana, K. M. (2016). Pengembangan Modul Matakuliah Mikrobiologi Melalui Biodegradasi Memanfaatkan Potensi Bakteri Indigen. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(2), 125–132.

Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). QR Code Based Teaching Materials for Organizational Classes and Game Systems. Journal of Physical Education, Health and Sport, 6(1), 6–10.

Hanifah, U. (2014). Pentingnya buku ajar yang berkualitas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa arab. Jurnal At-Tajdid, 3(1), 99–121.

Irwansyah, I. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teori Tenis Meja Bagi Mahasiswa Kelas A 2016 Jurusan PJKR IKIP BUDI UTOMO MALANG. Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 1(2), 47-59.

Istiawan, N., & Kusdianto, H. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Myologi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pjkr Pada Mata Kuliah Anatomi. Jp.jok (Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 13–19.

Kurniawan, A. (2017). Pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. In Prosiding seminar nasional pendidik dan pengembang pendidikan indonesia dengan tema “membangun generasi berkarakter melalui pembelajaran inovatif.”

Millah, E. S., Budipramana, L. S., & Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi Di Kelas Xii Sma Ipiems Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, Dan Masyarakat (SETS). BioEdu, 1(1), 19–24.

Mu’arifuddin, M. A., & Hariyanto, D. (2018). Kelayakan Aspek Materi, Media dan Bahasa dalam Pengembangan Bahan Ajar Bola Voli Berbasis Kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (pp. 7–10).

Prasetiyo, N. A., & Pertiwi, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priyanto, S. H. (2012). Kriteria Baku Buku Ajar. Disampaikan dalam Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen Kopertis VI. Vol. 31

Riduwan. (2003). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Setyawan, T. (2018). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Pendekatan Saintifik Kelas Iv Sdn Nguter. Jp.jok (Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 24–46.

Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145–158.

Published
2019-11-01
How to Cite
Winarno, W., & Firmansyah, G. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR ATLETIK BERBASIS PENELITIAN MATAKULIAH ATLETIK. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 90-102. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.607
Abstract viewed = 2387 times
PDF downloaded = 1264 times